Cara Pengendalian Hama Kutu Pada Tanaman Karet

Cara Pengendalian Hama Kutu Pada Tanaman Karet

Sedulurtani.com. Hadirnya hama dalam budidaya tanaman perkebunan seperti karet menjadikan ancaman yang serius bagi petani. Pasalnya banyak petani produksinya menurun bahkan kehilangan hasil disebabkan karena serangan hama yang merajalela.

Baca juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Karet Secara Lengkap

Salah satu hama yang biasa menyerang tanaman karet adalah kutu tanaman. Dimana jenis kutu yang sering menyerang tanaman karet antara lain, Saissetia nigra, Laccifer greni, L. lacca, Ferrisiana virgata, dan Planococcus citri. Jenis kutu tanaman tersebut memiliki ciri-ciri yang berbeda.

Saissetia nigra memiliki bentuk menyerupai perisai dengan warna coklat muda kehitaman. L. lacca memiliki ciri berkulit keras dengan warna putih lilin dan hidupnya berkelompok. Kemudian Ferrisiana memiliki ciri badan tertutup lilin tebal dengan warna kuning muda hingga kuning tua.

Dan yang terakhir Planococcus citri memiliki ciri badan tertutup lilin halus yang mengkilap dengan warna coklat gelap.

Tanaman karet yang terserang hama ini pada bagian pucuk batang dan daun mudanya berubah menjadi warna kuning. Semakin lama daun yang berwarna kuning tersebut akan mengering dan kemudian mati.

Untuk mengatasi hal tersebut maka diperlukan pengendalian hama kutu secara tepat supaya dapat menunjang keberhasilan dalam proses budidaya tanaman karet.

Pada pertemuan kali ini Sedulurtani.com. ingin berbagi informasi tentang, Cara Pengendalian Hama Kutu Pada Tanaman Karet.

Untuk mengatasi kutu dalam budidaya tanaman karet diperlukan beberapa pengendalian, antara lain secara mekanis, biologis, maupun kimia.

Cara Pengendalian Hama Kutu Pada Tanaman Karet
Cara Pengendalian Hama Kutu Pada Tanaman Karet

Berikut ini adalah cara pengendalian hama kutu pada tanaman karet :

  • Pengendalian Secara Mekanis

Pengendalian secara mekanis dapat dilakukan dengan cara mengambil dan membuang (memusnahkanya) dari bagian tanaman yang terserang.

  • Pengendalian Secara Biologis

Kemudian pengendalian secara biologis dapat dilakukan dengan menggunakan musuh alami dari kelompok kumbang, seperti Anysis sp., Coccinella sp., Eublema sp., dan Scymnus sp.

  • Pengendalian Secara Kimia

Sedangkan untuk pengendalian secara kimia dapat dilakukan menggunakan pestisida pembasmi kutu.

Pemberantasan menggunakan kimiawi juga dapat dilakukan menggunakan (Anthio 3 EC=0,15%+Surfaktan Citrowett=0,025%, Albolineum 2%, Formalin 0,15%) atau rotansi 3 minggu sampai dengan serangga habis dibasmi2.

Kutu Scalle Insect (Saissetia nigra) Kutu ini juga menghisap cairan tanaman. Pemberantasan menggunakan Albolineum (2%) disemprot dengan rotasi 1- 2mg, Tamorun (0.05- 0.1%) disemprot dengan rotasi 1-2 minggu sampai serangga hilang.

Baca juga :

Demikian artikel tentang, Cara Mengatasi Hama Kutu Pada Tanaman Karet. Semoga dapat menjadi referensi bagi Anda yang sedang mencari informasi terkait pengendalian hama kutu tanaman karet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.