Cara Lengkap Pendaftaran CPNS 2019 Terbaru

Cara Lengkap Pendaftaran CPNS 2019 Terbaru

Sedulurtani.com. Informasi terkait jadwal pendaftaran CPNS tahun 2019 ini merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Dimana pemerintah telah berencana untuk membuka pendaftaran CPNS di tahun 2019 ini.

Kepala Badan Kepegawaian, Bima Haria Wibisama mengatakan, bahwa pembukaan pendaftaran CPNS di tahun 2019 ini akan diselengarakan bulan Oktober mendatang.

Akan tetapi, Bima juga menambahkan kalau pendaftaran CPNS di tahun ini masih menunggu persetujuan Presiden Joko Widodo.

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin mengatakan, bahwa seleksi pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil 2019 akan dibuka usai pelantikan Presiden Republik Indonesia.

Beliau menyebutkan, jika kemungkinan pendaftaran CPNS akan diselenggarakan pada tanggal 20 Oktober ke atas.

Sedangkan untuk pengangkatan pegawai honorer menjadi PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) tidak dilakukan secara bersamaan dengan pembukaan CPNS.

Pada pesan berantai yang sedang beredar di media sosial pemerintah akan membuka 150.000 lowongan. Dimana rekrutmen terdiri dari 100.000 tenaga guru baik SD, SMP,maupun SMA/SMK, dan 50.000 untuk tenaga kesehatan meliputi bidan, perawat, dokter dan lain-lain.

Pada rekrutmen CPNS di tahun 2019 ini dapat diikuti oleh lulusan SMA/ SMK, D3, dan S1 segala jurusan. Adapun persyaratan umum untuk mengikuti CPNS, yaitu berusia 20 tahun ke atas hingga batas maksimal 35 tahun. Sedangkan untuk PPPK berusia 35 sampai 58 tahun.

BKN telah memastikan bahwa seluruh instansi Kementerian Lembaga baik daerah maupun pusat sudah menyetorkan data kebutuhan pegawai untuk seleksi CPNS tahun 2019.

Dengan demikian, hal tersebut membuktikan bahwa pembukaan Calon Pegawai Negeri Sipil pada tahun ini akan dilakukan bulan Oktober mendatang.

Cara PEndaftaran CPNS 2019
Cara Pendaftaran CPNS 2019

Cara Lengkap Pendaftaran CPNS 2019 Terbaru

Selanjutnya setelah usai pendaftaran formasi yang dibutuhkan Kementerian dan Lembaga adalah melakukan verifikasi antara pengajuan kebutuhan pegawai dengan data pegawai yang ada di lapangan. Bima menyebut, bahwa pemerintah akan segera melakukan rapat terbatas untuk memastikan kapan pembukaan seleksi mulai dibuka.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyampaikan terdapat empat kendala yang banyak dialami oleh pelamar saat seleksi CPNS tahun 2018 lalu. Hal yang demikian menjadi evaluasi dalam perekrutan Aparatur Sipil Negara (ASN) ditahun 2019 ini.

Bima Haria Wibisana seorang Kepala BKN sekaligus ketua Panetia Pelaksanaan ASN menyampaikan, bahwa salah satu kendala pertama pada CPNS 2018 lalu yakni terkait data kependudukan.

Dimana database kependudukan tidak update, terutama kesulitan pelamar dalam melakukan update KTP dan KK di Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil Daerah dan pusat.

Bagi Anda yang ingin mengikuti pendaftaran CPNS pada tahun 2019 ini, maka periapkan diri Anda dan juga persyaratan yang akan dibutuhkan untuk melakukan regrestasi pendaftaran. Adapun persyaratan yang harus disiapkan oleh peserta seleksi CPNS, antara lain sebagai berikut :

  1. Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Scan Kartu Keluarga (KK)
  3. Pas Foto
  4. Scan Ijazah dan Scan Transkrip Nilai
  5. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar termasuk SKCK.

Sementara itu, terdapat juga persyaratan yang perlu diperhatikan oleh peserta CPNS, antara lain :

Persyaratan Mendaftar CPNS 2019

  1. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun
  2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara dua tahun atau lebih
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit TNI, anggota Polri, atau diberhentikan dengan tidak hormat sebagai pegawai swasta.
  4. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, anggota Polri, atau prajurit TNI.
  5. Bukan anggota atau pengurus partai atau terlibat politik praktis.
  6. Kualifikasi pendidikan harus sesuai dengan persyaratan jabatan.
  7. Sehat secara jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang akan dilamar.
  8. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah.
  9. Sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).

Setelah Anda mengetahui jadwal pendaftaran dan persyaratan untuk mengikuti seleksi CPNS, maka selanjutnya pasti Anda ingin tahu bagaimana cara mendaftarnya.

Anda dapat melakukan pendaftaran dirumah melalui leptop atau gadged yang terhubung dengan koneksi internet.

Ada beberapa langkah-langkah yang perlu Anda perhatikan untuk melakukan pendaftaran CPNS tahun ini. Berikut ini adalah langkah-langkah atau cara mendaftar CPNS 2019 :

  1. Pendaftaran dapat diakses melalui tautan resmi situs https://sscn.bkn.go.id/
  2. Peserta membuat akun dengan memasukan: Nomor induk kependudukan (NIK) yang sudah terverifikasi Dukcapil, masukan email dan kata sandi Anda, dan pertanyaan pengaman Upload pas foto ukuran minimal 120kb sedangkan maksimalnya 200kb
  3. Calon pelamar wajib mencetak kartu informasi akun
  4. Kemudian masuk kembali ke tautan resmi dengan akun yang telah dibuat
  5. Upload foto selfie dengan memperlihatkan KTP dan kartu informasi akun
  6. Mengisi biodata secara lengkap
  7. Memilih satu institusi, formasi, dan jabatan yang diinginkan
  8. Cek resume, pastikan bidodata dan jabatan sudah terisi dengan benar

Berikut tadi adalah tata cara pendaftraran CPNS secara lengkap, semoga dapat menjadi referensi bagi Anda. Terima kasih te;ah berkunjung.

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.