Cara Pemeliharaan Tanaman Cengkih (Sederhana)

Cara Pemeliharaan Tanaman Cengkih (Sederhana)

Sedulurtani.com. Dalam melakukan budidaya tanaman cengkih sudah sepantasnya apabila kita melakukan pemeliharaan terhadap tanaman tersebut. Pemeliharaan tanaman ini bertujuan supaya tanaman cengkih dapat tumbuh subur dan nantinya akan berproduksi dengan baik.

Pemeliharaan tanaman cengkih sejak ditanam hingga berumur 4 tahun harus dilakukan dengan intensif. Dimana umur tersebut merupakan masa-masa rawan dari tanaman cengkih.

Cara Pemeliharaan Tanaman Cengkih
Cara Pemeliharaan Tanaman Cengkih

Secara umum pemeliharaan tanaman cengkih meliputi penyiraman dan penyulaman, penyiangan, pemupukan, serta penggemburan tanah.

Berikut ini adalah uraian dari pemeliharaan tanaman cengkih :

1. Penyiraman dan Penyulaman

Penyiraman pada bibit cengkih dilakukan 2-3 hari sekali pada waktu sore hari. Terutama pada saat musim kemarau penyiraman harus diperhatikan dengan baik.

Sementara itu, penyulaman dilakukan hingga maksimal tanaman berumur 2 tahun, dengan cara mengganti bibit yang mati. Kedua hal tersebut penting untuk diperhatikan, oleh karena itu tanaman harus sering-sering diamati.

2. Penyiangan

Penyiangan dilakukan dengan cara membersihkan area pertanaman dari gulma atau tanaman pengganggu. Hal tersebut dilakukan agar gulma tidak menjadi pesaing tanaman cengkih didalam mendapatkan unsur hara.

Penyiangan ini dapat dilakukan pada awal dan akhir musim hujan. Supaya tanaman dapat tumbuh dengan baik bersamaan dengan penyiangan tersebut dapat dilakukan penggemburan tanah.

3. Pemberian Pupuk

Pupuk diberikan untuk meningkatakan ketersediaan unsur hara dalam tanah. Pemberian pupuk kandang untuk tanaman cengkih menggunakan dosis 30-40 kg tiap satu tanaman per tahun. Pupuk kandang diberikan dengan membuat alur melingkar sejauh kanopi tanaman cengkih.

Selain pupuk kandang juga perlu diberi tambahan pupuk NPK dan Urea. Pupuk ini diberikan dua kali dalam satu tahunya, yaitu pada awal musim hujan dan awal musim kemarau.

4. Penggemburan Tanah

Pengemburan tanah dilakukan dengan cara pencangkulan dan pembalikan tanah agar tanaman cengkih dapat berproduksi dengan maksimal. Drainase yang baik dan pembalikan tanah ini dilakukan untuk mencegah terjadinya serangan penyakit pada akar oleh aktiviitas mikroba terutama cendawan akar.

Selain itu, pembalikan tanah juga berfungsi mengganti dan memperbaiki siklus pemakaian unsur hara oleh tanaman.

Baca juga :

Demikian artikel tentang, Cara Pemeliharaan Tanaman Cengkih (Sederhana). Semoga dapat menjadi referensi bagi Anda.

Follow juga saya diFacebook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.