Cara Mengobati Paru-paru Basah Secara Tradisional

Cara Mengobati Paru-paru Basah Secara Tradisional

Pada pertemuan kali ini Sedulurtani.com ingin berbagi informasi kepada anda terkait Cara Mengobati Paru-paru Basah Secara Tradisional.

Anda pasti pernah mendengar tentang penyakit paru-paru basah. Paru-paru basah atau yang disebut dengan pneumonia merupakan infeksi yang menyebabkan kantung paru-paru terisi oleh cairan ataupun nanah.

Penyakit yang satu ini bisa tergolong ringan ataupun penyakit serius, sehingga dapat mengancam nyawa si penderita.

Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, terutama anak kecil dibawah 2 tahun dan orang yang sudah berusia 50 tahun lebih. Serangan penyakit ini dapat menyebabkan si penderita mengalami kesusahan dalam bernafas.

Selain itu, gejala paru-paru basah dapat dikatakan hampir mirip dengan flu biasa. Gejalanya diantaranya, demam tinggi, hidung meler, bersin-bersin, nyeri sekujur tubuh, dan batuk disertai nyeri dada.

Cara Mengobati Paru-paru Basah Secara Tradisional

Bagi anda yang menderita pneumonia, maka dapat dilakukan pengobatan secara tradisional. Dimana pengobatan pneumonia ini menggunakan bahan-bahan alami yang telah disediakan oleh Tuhan pada alam sekitar kita.

Berikut ini adalah beberapa bahan yang dapat anda aplikasikan dirumah sebagai upaya didalam menyembuhkan penyakit paru-paru basah.

Cara Mengobati Paru-paru Basah Secara Tradisional

Cara Mengobati Paru-paru Basah Secara Tradisional
Cara Mengobati Paru-paru Basah Secara Tradisional
1. Kunyit

Kunyit (Curcuma longa) merupakan salah satu tanaman rempah-rempah asli Indonesia yang banyak digunakan sebagai bumbu masak maupun jamu untuk kesehatan dan kecantikan. Selain itu, kunyit juga dapat digunakan untuk meredakan penyakit dada akaibat paru-paru basah.

Pengobatan paru-paru basah menggunkan kunyit dapat anda lakuakan dengan cara mencampurkan bubuk kunyit dengan minyak zaitun atau mustrad. Setelah dicampurkan kemudian supaya anda oleskan pada bagian dada.

Selain itu, anda juga dapat mengonsumsi kunyit dalam bentuk jamu tradisional yang biasa dijual sebagai jamu cair siap minum. Tidak hanya itu, banyak dari orang sehat yang sering mengonsumsi sari kunyit untuk kebugaran tubuh.

Akan tetapi konsumsi kunyit dapat menimbulkan efek samping seperti mual, gangguan pencernaan, pusing, ataupun diare bagi orang yang tidak tahan.

2. Cabai

Cara mengatasi paru-paru basah juga dapat anda lakukan menggunakan bahan tradisional cabai (Capsicum annum .). Ternyata bumbu dapur yang identik dengan rasa pedas ini memiliki manfaat luar biasa untuk meredakan penyakit paru-paru basah.

Rasa pedas pada cabai ini disebabkan oleh adanya kandungan capcaisin. Dimana kandungan capcaisin yang terdapat pada cabai ini berperan penting untuk mengatasi penyakit paru-paru basah.

Kandungan capcaisin pada cabai ini akan membantu melindungi paru-paru dari serangan virus ataupun organisme parasit dengan cara meningkatkan kinerja selaput lendir.

Akan tetapi meskipun mengonsumsi cabai dapat menjadi obat alami penyakit paru-paru basah, sebaiknya jagan berlebihan. Jika anda mengonsumsi cabai secara berlebihan, maka akan menyebabkan sakit perut ataupun diare.

3. Lemon

Lemon merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. sehingga mengonsumsi lemon dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada penderita paru-paru basah.

Air lemon memiliki peranan yang cukup besar didalam membersihkan paru-paru. Dimana air lemon juga mengandung antioksidan alami yang memeprbaiki sistem pencernaan.

Mengobati penyakit paru-paru basah secara alami menggunakan lemon dapat anda lakukan dengan meminum air perasan lemon 2 sdm setiap pagi hari tanpa campuran air ataupun gula.

Cara Mengobati Paru-paru Basah Secara Tradisional

4. Bawang putih

Selain cabai, bumbu dapur yang dapat menjadi obat alami untuk penyakit paru-paru basah yaitu bawang putih (Allium sativum L.). Dimana bawang putih memiliki sifat antimikroba terhadap bakteri, virus, dan jamur.

Selain itu, bawang putih juga berfungsi untuk menurunkan suhu dalam tubuh dan juga mengeluarkan lendir dari dada maupun paru-paru.

Cara mengobati paru-paru basah menggunakan bawang putih dapat anda lakukan dengan cara mencampurkan secangkir susu dengan 4 gelas air.

Kemudian tambahakan satu sendok teh bawang putih dan rebus air hingga menyisakan ¼ dari larutan awal. Minum larutan bawang putih sebanyak 3 kali sehari.

Cara Mengobati Paru-paru Basah Secara Tradisional

Pada dasarnya Tuhan telah menyediakan alam yang penuh dengan berbagai macam obat-obatan untuk kesehatan. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita mencoba mengaplikasikan obat-obatan tradisional yang telah tersedia di alam untuk menyembuhkan penyakit.

Beberapa contoh Cara Mengobati Paru-paru Basah Secara Tradisional dapat anda lakuakan menggunakan obat alami seperti kunyit, cabai, lemon, dan bawang putih.

Sedangkan untuk pencegahan paru-paru basah anda dapat menerapkan pola hidup sehat, seperti menjaga kebersihan diri, tidak merokok, dan mengurangi minuman beralkohol.

Baca juga :

Demikian artikel tentang, Cara Mengobati Paru-paru Basah Secara Tradisional. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi referensi kesehatan bagi anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.