5 Cara Mengobati Jerawat Secara Alami Menggunakan Tanaman

5 Cara Mengobati Jerawat Secara Alami Menggunakan Tanaman

Sedulurtani.com. Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang.

Pada umumnya jerawat sering kali muncul pada wajah seorang remaja. Selain remaja, seorang yang mengalami stres berat pun juga dapat muncul jerawat. Jerawat begitu mengganggu penampilan wajah, sehingga membuat kita merasa tidak nyaman.

Bagi Anda yang mempunyai jerawat maka tidak perlu khawatir. Karena pada pertemuan kali ini sedulurtani.com. ingin berbagi informasi tentang cara mengobati jerawat menggunakan berbagai macam tanaman.

Gambar jerawat
Obat Jerawat Alami

Berikut ini adalah cara mengatasi jerawat yang membandel :

5 Cara Alami Mengobati Jerawat Menggunakan Tanaman

1. Daun Sirih

Bersumber dari StyleCraze, bahwa daun sirih hijau, kuning, maupun merah memiliki antiseptik yang sama baiknya. Kaya akan polifenol, terutama chavicol yang mampu melindungi kulit dari serangan bakteri penyebab jerawat dan beruntusan.

Oleh karena itu, bagi Anda yang mempunyai jerawat yang membandel tidak perlu khawatir. Berikut ini adalah cara mengatasi jerawat menggunakan daun sirih :

  • Siapkan 10 lembar daun sirih, sedikit garam halus dan juga air hangat.
  • Tumbuk daun sirih hingga halus dan bubuhkan sedikit garam halus.
  • Daun yang telah ditumbuk tersebut diberi beberapa tetes air hangat.
  • Campurkan hingga merata.
  • Oleskan tumbukan tersebut ke jerawat yang membandel dengan berlahan-lahan.
  • Kemudian diamkan 15 – 30 menit dan setelah itu basuh dengan air bersih
  • Lakukan pengulangan setiap hari hingga jerawat pada wajah menghilang
Silahkan baca :Manfaat Daun Sirih Sebagai Ramuan Utama

2. Bunga Mawar

Manfaat bunga mawar dapat Anda rasakan untuk menghilangkan jerawar pada wajah. Dimana kelopak mawar mengandung sifat antibakteri yang membantu untuk mengeringkan jerawat. Bunga mawar mengandung etanol fenil, senyawa antiseptik, yang dapat membuat air mawar efektif dalam mengatasi jerawat.

Cara mengatasi jerawat menggunakan mawar, yaitu merendam beberapa biji fenugreek atau klabet (obat herbal berasal dari Nepal, India, Pakistan, dan sekitarnya, yang bisa menjadi bahan masakan dan dimanfaatkan untuk kesehatan) dalam air bersih selama 1 malam.

Selanjutnya, bentuk klabet menjadi pasta dan campur dengan air mawar. Setelah itu, oleskan pada wajah yang berjerawat dan diamkan selama 20 menit, lalu bilas menggunakan air mawar dingin.

7 Manfaat Luar Biasa Bunga Mawar ( Kesehatan )
3. Daun Nilam

Manafaat daun nilam untuk kecantikan salah satunya yaitu meredakan jerawat pada wajah. Bagi Anda yang mempunyai jerawat, maka dapat memanfaatkan daun nilam untuk menghilangkan jerawat pada wajah Anda agar telihat bersih kembali.

Caranya yaitu membuat masker dari daun nilam. Akan tetapi perlu diketahui cara ini tidak dapat dilakukan hanya dengan sekali pakai, oleh karena itu ulangi secara teratur, agar hasilnya dapat dirasakan.

Silahkan baca :Berbagai Manfaat Tanaman Nilam Bagi Kesehatan

4. Umbi Kentang

Untuk menghilangkan jerawat yang membandel, Anda juga dapat menggunakan umbi kentang.

Caranya dengan mengiris tipis- tipis kentang secara melebar dan mencucinya. Selanjutnya kentang ditempelkan pada wajah yang bermunculan jerawat sampai kentang berwarna keabu- abuan.

Cara ini dapat dilakukan setiap malam hari ketika ingin tidur. Hal tersebut dikarenakan kentang memiliki kandungan alkali yang tinggi dan bersifat antibakteri, sehingga baik untuk membersihkan bakteri yang menyebabkan jerawat.

Silahkan baca: Kandungan Gizi dan Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh
5. Jeruk Nipis

Manfaat jeruk nipis untuk kecantikan sudah menjadi rahasia umum, termasuk dalam menyembuhkan jerawat.

Jeruk nipis mengandung Vitamin C yang cukup tinggi, selain itu mengandung vitamin B, minyak atsiri, belarang, damar, glikosida, dan asam sitrun yang baik untuk kesehatan kulit wajah.

Cara meredakan jerawat menggunakan jeruk nipis dapat anda lakukan dengan cara mengambil air perasan jeruk nipis. Kemudian gunakan kapas dan basahi  air perasan jeruk nipis lalu  oleskan pada kulit wajah dan biarkan beberapa menit.

Setelah itu bilas menggunakan air hangat. Lakukan pada waktu malam hari sebelum tidur secara rutin.

Silahkan baca: Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Baca juga :

Demikian artikel tentang, cara mngatasi jerawat. Terima kasih telah berkunjung di website Sedulurtani.com. dan semoga bermanfaat.

Follow Facebook sedulurtani.com, untuk mendapatkan informasi terbaru terkait pertanian dan pendidikan dengan cara Klik disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.