Cara Mengatasi Serangan Rayap Pada Tanaman Karet

Cara Mengatasi Serangan Rayap Pada Tanaman Karet

Sedulurtani.com. Dalam melakukan budidaya tanaman karet, sering kita jumpai masalah yang berkaitan dengan hama tanaman. Hadirnya hama dalam budidaya menjadi ancaman yang serius bagi petani karena dapat menyebabkan kerugian ataupun kehilangan hasil. Salah satu hama yang biasa menyerang pada budidaya tanaman karet, yaitu rayap.

Baca jugaKlasifikasi dan Morfologi Tanaman Karet Secara Lengkap

Hama rayap yang biasa menyerang tanaman karet, adalah spesies Microtermes inspiratus dan Coptotermes curvignathus. Hama rayap menyerang tanaman akret dengan cara mengerogoti bibit yang baru saja ditanam, dari bagian ujung stum hingga ke perakaran.

Pada bagian dalam batang tanaman tersebut terdapat lubang besar dari ujung stum hingga akar. Serangan rayap ini mengakibatkan pada bagian akar tanaman terputus-putus bahkan tidak ada lagi ujung akar.Pengendalian hama rayap pada tanaman karet terbagi menjadi tiga, yaitu secara teknis, mekanis, dan kimia.

Cara Mengatasi Serangan Rayap Pada Tanaman Karet
Cara Mengatasi Serangan Rayap Pada Tanaman Karet
Berikut ini adalah tiga cara mengatasi serangan rayap pada tanaman karet :

1. Secara teknis

Secara teknis pengendalian hama rayap  dapat dilakukan dengan cara membersihkan kebun dari tunggul dan sisa-sisa akar (sanitasi lahan). Melakukan pengolahan media tanah dengan tepat untuk memutus siklus hidup larva rayap. Selain itu, pada bagian ujung stum sampai sedikit diatas mata dibungkus menggunakan plastik supaya rayap tidak dapat memakanya.

2. Secara Mekanis

Secara mekanis pengendalian hama rayap pada tanaman karet dapat dilakukan dengan cara dipancing supaya keluar dari ujung stum menggunakan umpan ubi kayu atau sungkai. Caranya yaitu memancapkan 2-3 batang ubi kayu pada jarak 20-30 cm dari bibit.

Dengan hal tersebut, maka rayap akan lebih suka memakan umpan dari ubi kayu daripada bibit karet yang teksturnya lebih keras.

3. Secara Kimia

Selanjutnya yang terakhir, yaitu pengendalian secara kimia dapat dilakukan menggunakan insektisida. Beberapa insektisida yang ampuh untuk mengendalikan hama rayap, seperti curaterregentfuradan, dan insektisida berbahan aktif imidakloprid,  misalnya Confidor, Caleb Tsan, Winder, Klopindo, Imidor, Topdor atau Kimida. 

Cara pengaplikasian insektisida tersebut dapat dilakukan dengan menaburkan setelah pengolahan lahan, menaburkan pada pangkal batang tanaman, menyemprotkan pada batang tanaman yang diserang, dan pengocoran insektisida pada pangkal batang tanaman.

Pada tahapan penanaman bibit karet juga dapat ditambahkan penyemprotan insektisida (Granular) G pada bagian lubang tanam.

Baca juga :

Demikian artikel tentang, Cara Mengatasi Serangan Rayap Pada Tanaman Karet. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.