Cara Ampuh Mengatasi Penyakit Busuk Buah Kakao

Cara Ampuh Mengatasi Penyakit Busuk Buah Kakao

Sedulurtani.com. Dalam melakukan budidaya tanaman kakao, sering kali dihadapkan dengan masalah yang berkaitan dengan penyakit tanaman. Salah satu penyakit utama yang mengakibatkan kerugian cukup besar dalam budidaya tanaman kakao adalah penyakit busuk buah.

Baca juga :  Klasifikasi Tanaman Coklat (Kakao) Beserta Morfologinya Secara Lengkap

Penyakit busuk buah pada tanaman kakao disebabkan oleh cendawan Phytoptora palmivora. Dimana infeksi cendawan ini biasa terjadi pada buah kakao yang masih pentil (muda) hingga buah- buah yang siap dipetik.

Gejala serangan busuk buah ditandai dengan munculnya bercak berwarna kelabu kehitaman dan biasanya bercak terdapat pada bagian ujung maupun pangkal buah.

Bercak tersebut mengandung air , kemudian akan berubah menjadi hitam dan pada bagian buah pun membusuk begitu juga pada bijinya.

Pada cuaca yang lembab bercak tersebut akan tamapak misselium berwarna putih yang merupakan jamur. Penularan penyakit busuk buah ini dapat terjadi melalui hembusan angin, semut hitam, tupai, bekicot dan juga hewan-hewan lain yang tinggal di area tanam.

Penularan juga dapat terjadi jika buah bersentuhan secara langsung dan kondisi lingkungan yang lembab juga akan mendukung perkembangan penyakit tersebut.

Untuk mengurangi kerugian akibat dari serangan penyakit busuk buah, maka diperlukan pengendalian secara cepat dan tepat. Oleh karena itu pada pertemuan kali ini Sedulurtani.com. ingin berbagi informasi tentang, cara ampuh mengatasi penyakit busuk buah tanaman kakao.

Dengan hal ini diharapkan supaya petani dapat mengendalikan penyakit tersebut, sehingga menunjang keberhasilan dalam proses budidaya tanaman kakao.

Mengatasi Busuk Buah Kakao
Mengatasi Busuk Buah Kakao
Berikut ini cara mengatasi penyakit busuk buah kakao :
  • Melakukan pemangkasan pada tanaman pelindung paling tidak setiap tiga bulan sekali supaya kondisi kebun tidak begitu rimbun dan lembab. Karena kondisi seperti itu berpotensi terhadap perkembangan penyakit.
  • Mengatur jarak tanam supaya tidak terlalu rapat, baik tanaman utama maupun tanaman pelindung.
  • Memetik dan memusnahkan buah yang terserang dengan cara membenamkan ke dalam tanah sektar 30 cm. Hal ini dilakukan selama seminggu sekali, dan apabila serangan menghebat dapat dilakukan 2 hari sekali.
  • Menanam klon yang resisten terhadap penyakit tersebut, seperti DRC 16, ICS 6, DR 1 x Sca 12, DRC 16 x Sca 6 ataupun DRC 16 x Sca 12.
  • Pengendalian dengan agen hayati dapat dilakukan dengan menyemprotkan Trichoderma spp dengan dosis 200 gram per liter sebagai upaya preventif. Penyemprotan ini dilakukan pada buah yang sehat.
  • Pengendalian secara kimiawi dapat dilakukan menggunakan fungisida berbahan aktif tembaga seperti Copper Sandoz, Nordox, Cupravit ataupun Vitigran Blue dengan interval 2 minggu sekali. Pengendalian secara kimia ini sebaiknya dilakukan apabila serangan sudah tingkat tinggi.

Baca juga :

Demikian artikel tentang, Cara Ampuh Mengatasi Penyakit Busuk Buah Tanaman Kakao. Semoga dapat menjadi referensi bagi Anda yang sedang mencari informasi tentang pengendalian penyakit busuk buah pada tanaman kakao.

Follo juga saya di Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.