Cara Mengatasi Penyakit Akar Putih pada Tanaman Karet

Cara Mengatasi Penyakit Akar Putih pada Tanaman Karet

Sedulurtani.com. Karet meupakan salah satu jenis tanaman yang cukup rentan terhadap serangan penyakit akar putih. Penyakit yang cukup berbahaya ini disebabkan oleh cendawan Rigidoporus lignosus.

Disebut dengan penyakit akar putih karena pada bagian akar tanaman terdapat miselia jamur berwarna putih seperti benang dan susah untuk dilepaskan. Berikut ini adalah klasifikasi dari jamur akar putih :

KingdomFungi
FillumBasidiomycota
KelasBasidiomycetes
SubkelasAgaricomycetidae
OrdoPolyporales
FamilyMeripilaceae
GenusRigidoporus
SpesiesRigdoporus lignosus

Akar tanaman karet yang terserang penyakit ini akan berubah menjadi lunak, berwarna coklat dan membusuk. Selain itu, gejala serangan penyakit akar putih ditandai dengan pemucatan daun-daun tanaman menjadi berwarna kuning dengan tepi ujunya yang terlipat ke dalam.

Daun-daun yang memucat tersebut lama-lama akan gugur dan pada bagian ujung rantingnya mati dan pada akhirnya tanaman juga akan mati. Untuk mengatasi hal tersebut maka diperlukan pengendalian secara tepat.

Cara Mengatasi Penyakit Akar Putih pada Tanaman Karet
Cara Mengatasi Penyakit Akar Putih pada Tanaman Karet
Berikut ini adalah Cara Mengatasi Penyakit Akar Putih pada Tanaman Karet

Pengendalian penyakit akar putih dapat dilakukan dengan sanitasi kebun, menanam tanaman perangkap yang menjadi inang dari penyakit ini, seperti ubi kayu ataupun ubi jalar.

Selain itu, dapat dikendalikan menggunakan antagonis akar putih, yaitu menggunakan Trichoderma sp.

Sebelum dilakukan penanaman sebaiknya pada bagian lubang tanaman diberikan Trichoderma harzianum yang dicampur dengan kompos sebanyak 200 gr/lubang tanam. Pengendalian menggunakan fungisida dapat dilakukani dengan campuran bahan kimia hexaconazole, triadimefon, dan cyproconazole.

Serangan ringan penyakit akar putih pada tanaman karet ini dapat diatasi dengan cara membuat lubang tanaman 30 cm disekitar leher tanaman, dan kedalamannya sesuai serangan penyakit tersebut.

Kemudian pada bagian akar tanaman yang terserang dikerok menggunakan alat yang tidak melukai akar, sedangkan untuk akar yang sudah busuk dipotong dan dimusnahkan dengan cara dibakar supaya tidak menularkan jamur.

Pada bagian kerokan dan potongan diberi ter dan izal, serta seluruh permukaan akar tanaman sebaiknya diolesi menggunakan fungisida. Setelah luka pada akar mengering, kemudian tutup kembali menggunakan tanah.

Pada bekas lubang tanaman berikan pupuk kandang dan taburi Trichoderma sp.

Baca juga :

Demikian artikel tentang, Cara Mengatasi Penyakit Akar Putih pada Tanaman Karet. Semoga dapat menjadi referensi bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.