Cara Mengatasi Jamur Upas pada Tanaman Karet

Cara Mengatasi Jamur Upas pada Tanaman Karet

Sedulurtani.com. Jamur upas merupakan penyakit yang disebabkan oleh cendawan Corticium salmonicolor. Jamur upas memiliki empat tahap perkembangan. Tahap pertama sering disebut dengan serangan laba-laba, yaitu terbentuknya lapisan berwarna putih dipermukaan kulit.

Kemudian tahap kedua yaitu mulai berkembang dan membentuk sekumpulan lapisan benang jamur yang disebut dengan bongkol. Pada tahap ketiga atau disebut dengan kortisium ini, yaitu terbentuknya lapisan berwarna merah muda.

Dan yang terakhir adalah tahapan nekator, yaitu terbentuknya lapisan terbentuknya lapisan tebal berwarna merah tua.

Penyakit jamur upas menyerang pada bagian percabanagan atau batang tanaman karet, sehingga mengakibatkan cabang dan tajuk mudah patah atau mati. Gejala ini ditandai dengan munculnya benang-benang putih seperti sutra di bagian pangkal atau ranting tanaman.

Lapisan tersebut lama-lama akan berubah menjadi lapisan kerak berwarna merah dan akhirnya akan berubah menjadi lapisan tebal berwarna merah tua. Setelah itu kulit batang akan membusuk dan mengelupas dengan warna hitam.

Batang tanaman yang telah terinfeksi penyakit jamur upas akan mengeluarkan cairan lateks berwarna coklat kehitaman dan meleleh pada permukaan batang tanaman. Pada tingkat serangan yang parah akan menyebabkan tajuk percabangan mati dan mudah patah apabila terkena tiupan angin.

Cara Mengatasi Jamur Upas pada Tanaman Karet
Cara Mengatasi Jamur Upas pada Tanaman Karet
Untuk mengatasi hal tersebut maka diperlukan pengendalian yang tepat. Oleh karena itu pada pertemuan kali ini, sedulurtani.com ingin berbagi informasi tentang, Cara Mengatasi Jamur Upas pada Tanaman Karet.

Berikut ini adalah cara mengatasi jamur upas pada tanaman karet melalui pengendalian penyakit  secara tepat :

Pengendalianya, yaitu menanam tanaman yang resisten terhadap jamur upas, seperti GT 1, PR 255, PR 300, PR 107. Kemudian untuk tanaman yang telah mati harus segera dimusnahkan dan tunggul harus diberi fungisida.

Pengendalian penyakit jamur upas ini harus dilakukan secepat mungkin ketika tahap pertama atau serangan laba-laba.

Jika percabangan telah terserang, maka bagian kulit harus dikupas dan dilumuri menggunakan fungisida. Pengendalian ini dilakukan dengan cara mengoleskan fungisida Flyomac, Calixin, Dowco, atau bubur Bordo pada bagian yang terkena serangan.

Baca juga :

Demikian artikel tentang, Cara Mengatasi Jamur Upas pada Tanaman Karet. Semoga dapat menjadi referensi bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.