Cara Mengatasi Hama Uret Tanah Pada Tanaman Karet

Cara Mengatasi Hama Uret Tanah Pada Tanaman Karet

Sedulurtani.com. Hadirnya hama dalam proses budidaya tanaman karet menjadi ancaman yang serius bagi petani. Pasalnya apabila serangan hama tidak segera diatasi, maka akan mengakibatkan penurunan produktivitas bahkan kehilangan hasil.

Baca juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Karet Secara Lengkap

Selain hama rayap dan kutu tanaman, jenis hama yang sering menyerang tanaman karet adalah uret tanah. Uret tanah merupakan fese larva dari beberapa jenis kumbang. Kumbang tersebut memiliki moncong atau tanduk dan merupakan hama berbahaya bagi tanaman karet.

Ada beberapa jenis uret tanah yang biasa menyerang tanaman karet, antara lain Helotrichia serrata, Helotrichia rufoflava, Leocopholis sp., Exopholis sp., dan Lepidiota sp. Uret tanah memiliki bentuk seperti huruf C dengan warna putih hingga kuning pucat.

Uret tanah memiliki ukuran tubuh besar, gemuk, badan tembus cahaya dengan kepala warna coklat dan taring yang besar. Selain itu, kaki uret  berwarna coklat dan terdapat pada rongga dada.

Tanaman karet yang terserang hama ini akan menjadi layu dan berwarna kuning, dan bahkan tanaman dapat mati karena akarnya habis diserang. Hama uret tanah ini terutama menyerang tanaman yang masih dalam pembibitan.

Cara Mengatasi Hama Uret Tanah Pada Tanaman Karet
Cara Mengatasi Hama Uret Tanah Pada Tanaman Karet
Pengendalian hama uret tanah dapat dilakukan secara mekanis dan juga kimia. Berikut ini adalah cara mengatasi hama uret tanah pada tanaman karet :
  • Secara Mekanis

Pengendalian uret tanah secara mekanis dilakukan dengan cara mengumpulkan uret-uret tersebut dan memusnahkanya, selain itu kumbang dikumpulkan dan dimusnahkan supaya tidak bisa berkembang biak lagi.

  • Secara Kimia

Sedangkan pengendalian secara kimia dapat dilakukan menggunakan Furadan 3 G atau Basudin 10 G dengan ditaburkan disekitar pohon karet dengan dosis sekitar 10 gram/ pohon. Selain itu, pengendalaian dapat dilakukan dengan cara menyemprotkan Endosulfan atau Furadan dengan dosis yag bijak.

Baca juga :

Demikian artikel tentang, Cara Mengatasi Hama Uret Tanah Pada Tanaman Karet. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari informasi terkait hama tanaman karet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.