Cara Ampuh Mengatasi Hama Penghisap Pucuk Daun Teh

Cara Ampuh Mengatasi Hama Penghisap Pucuk Daun Teh

Sedulurtani.com. Dalam melakukan budidaya tanaman teh sering kali kita menghadapi kendala karena hadirnya hama yang dapat mengurangi nilai produksi. Salah satu hama utama yang biasa menyerang tanamaan teh, yaitu Helopeltis atau disebut juga dengan penghisap pucuk daun teh.

Taksonomi helopeltis :

Kingdom         : Animalia

Filum               : Arthopoda

Kelas               : Insekta

Ordo                : Hemiptera

Famili              : Miridae

Genus              : Helopeltis

Helopeltis atau disebut juga dengan kepik merupakan hama yang menyerang dengan cara menghisap pucuk dan daun yang masih muda. Akibat dari serangan tersebut membuat daun tampak kotor dengan bercak berwarna kecoklatan dan pada akhirnya tanaman akan mati.

Hama Penghisap Pucuk Daun Teh (Helopeltis spp.)
Hama Penghisap Pucuk Daun Teh (Helopeltis spp.)

Serangan yang terjadi pada bagian ranting menyebabkan pembengkakan pada cabang, sehingga pertumbuhanya tidak normal.

Hama betina meletakkan telurnya pada bagian pucuk daun secara bersembunyi dan juga dimasukan pada urat daun teh. Selain itu, telur ini juga dimasukkan pada bagian ujung cabang yang baru saja dipangkas. Jumlah telur berkisaran 80 butir.

Nimfa memiliki warna oranye kemerah-merahan. Sedangkan dewasa berwarna hitam putih menjadi hitam kemerahan untuk Helopeltis antonii, dan hitam hijau untuk Helopeltis theivera.

Helopeltis dewasa memiliki tiang kecil menyerupai jarum yang terdapat pada bagian tengah punggung. Jangka hidup nimfa dari menetas sampai dengan dewasa adalah 3-5 minggu saja.

Untuk mengatasi hama helopeltis perlu dilakukan pengendalian secara cepat dan tepat supaya dapat meminimalkan tingkat kerugian akibat serangan hama tersebut.

Berikut ini adalah cara pengendalian hama penghisap pucuk daun teh :

Pengendalian hama helopeltis ini dapat dilakukan dengan cara kultur teknis, yaitu memetik daun dengan daur petik 7 hari, pemberian pupuk secara berimbang, sanitasi (membersihkan) kebun, dan mekanis.

Selain itu, gunakan predator dari Helopeltis, seperti Hierodula dan Tenodera. Pengendalian secara kimia dapat dilakukan dengan melakukan penyemprotan insektisida berbahan aktif carbaryl 85% dan amitraz.

Baca juga:

Demikian artikel tentang, cara mengendalikan hama helopeltis pada tanaman teh. Semoga dapat menjadi referensi bagi Anda.

Follow juga saya diFacebook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.