Cara Ampuh Mengatasi Hama Penggerek Batang Kakao

Cara Ampuh Mengatasi Hama Penggerek Batang (Zeuzera sp.) Tanaman Kakao

Sedulurtani.com. Hadirnya hama dalam budidaya tanaman coklat menjadi ancaman yang serius bagi petani karena dapat menyebabkan penurunan produktivitas. Bahkan tak jarang petani harus kehilangan hasil akibat dari serangan hama yang tidak segera dikendalikan.

Baca juga : Klasifikasi Tanaman Coklat (Kakao) Beserta Morfologinya Secara Lengkap

Salah satu hama utama yang biasa menyerang dan menjadi ancaman dalam budidaya tanaman coklat adalah hama penggerek batang. Hama penggerek batang tanaman kakao atau yang disebut dengan nama latin zeuzera sp. ini merupakan serangga dari family cossidae dan ordo lepidoptera.

Hama penggerek batang biasa menyerang cabang-cabang muda yang masih lembek dan misalnya pada  bagian sudut tangkai. Ulat zeuzera sp.akan melubagi kulit kayu kemudian akan masuk kedalam dan merusak xilem dan floem.

Pada bagian batang pokok yang digerek hama ini akanmenjadi mudah patah dan bahkan tanaman dapat mati. Serangan hama penggerek ini menyebabkan daun mengalami nekrosis dan pucuk pada tanaman dewasa akan mati.

Indikasi serangan hama penggerek batang kakao ini dapat dilihat dari adanya liang gerakan pada batang disertai terdapatnya kotoran berbentuk silindrik dan berwarna merah kehitaman dan keliar dari liang gerakan.

Untuk mengatasi hama penggerek (zeuzera sp.) pada tanaman kakao diperlukan pengendalian secara cepat dan tepat.

Mengatasi Penggerek Batang Kakao
Mengatasi Penggerek Batang Kakao
Berikut ini adalah cara mengatasi penggerek batang kakao secara tetap :

1. Pengendailan Secara Kultur Teknis

Pengendalian ini dapat dilakukan dengan melakukan sanitasi lahan,pemusnahan batang yang terserang hama penggerek ini dengan cara memotong sepanjang 30 cm dari lubang tempat masuknya. Setelah cabang dipotongi lalu dikumpulkan kemudian dibakar.

Selain itu juga bisa dengan menyemprotkan larutan garam pada liang gerakan handshack supaya ulat penggerek dapat keluar baru kemudian dimusnahkan.

2. Pengendalian Secara Hayati

Pengendalian secara hayati dapat dilakukan dengan memanfaatkan musuh alami berupa jamur Beauveria bassiana yang bersifat patogenesis. Jamur tersebut dilarutkan dalam satu liter air ditergen kemudian disaring.

Selanjutnya setelah itu, dilarutkan kembali pada air bersih 4 liter baru diaplikasikan pada tanaman dengan cara disemprotkan pada bagian liang-liang yang terserang.

Selain menggunakan jamur Beauveria bassiana untuk mengendalikan hama penggerek batang ini juga dapat memanfaatkan musuh alami lainya. Musuh alami yang dapat digunaknan, antara lain Amyosoma zeuzera, Eucarcella kockiana, dan Sturnia chatterjaena.

3. Pengendalian Secara Kimiawi

Pengendalian hama penggerek batang kakao secara kimiawi dapat dilakukan dengan menutup lubang bekas ulat menggunakan kapas yang telah dicelupkan pada insektisida atau dengan menyuntikan liang yang terserang.

Pengendalian hama penggerek batang tanaman kakao menggunkan insektisida organoklorin atau organofosfat sistemik pada lubang juga dapat digunakan secara efektif.

Baca juga :

Demikian artikel tentang, Cara Ampuh Mengatasi Hama Penggerek Batang Tanaman Kakao. Semoga dapat menjadi referensi bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.