Cara Ampuh Mengatasi Hama Penggerek Buah Kakao

Cara Ampuh Mengatasi Hama Penggerek Buah Kakao

Sedulurtani.com. Salah satu hama utama tanaman coklat yang sangat merugikan adalah Conopomorpha cramerella. Jenis hama ini dikenal juga dengan sebutan penggerek buah coklat (PBC). Ciri buah muda yang terserang PBC yaitu mengalami perubahan warna sebelum matang.

Baca juga : Klasifikasi Tanaman Coklat (Kakao) Beserta Morfologinya Secara Lengkap

Serangan PBC ini mengabkibatkan cacat pada biji kakao, sehingga dapat menurunkan hasil produksi hingga 80%. Buah kakao matang yang terserang hama ini tidak akan berbunyi jika digoncang.

Berbeda dengan buah yang tidak terserang akan mengeluarkan bunyi karena biji didalamnya telah terlepas dari kulit. Selain itu, pada bagian kulit buah yang tesereng PBC akan mudah untuk ditumbuhi jamur.

Hama penggerek buah kakao ini menyerang buah kakao yang masih muda hingga yang hampir matang dengan cara meletakkan telur-telurnya pada permukaan buah. Kemudian setelah telur tersebut menetas menjadi larva, maka akan menggerek kulit hingga ke daging buah.

Setelah buah rusak karena diserang kemudian larva akan keluar dari buah dan membentuk pupa, dan selanjutnya akan berubah menjadi imago (serangga dewasa).

Penyebaran hama penggerek buah ini dapat terjadi melalui angin, kurangnya sanitasi lahan, dan kulit yang terserang dibiarkan berserakan.

Untuk mengetasi hama penggerek buah kakao diperlukan pengendalian secara cepat dan tepat. Oleh karena itu pada pertemuan kali ini Sedulurtani.com. ingin berbagi informasi tentang, cara ampuh mengatasi hama penggerek buah kakao.

Dengan mengetahui hal ini maka diharapkan supaya PBC dapat teratasi, sehingga akan menunjang keberhasilan dalam proses budidaya tanaman kakao.

Cara Ampuh Mengatasi Hama Penggerek Buah Kakao
Cara Ampuh Mengatasi Hama Penggerek Buah Kakao
Berikut ini adalah cara mengatasi penggerek kakao (coklat) :

1. Pencegahan Hama PBC

Pencegahan hama PBC dilakukan dengan cara memusnahkan kulit buah dan sisa-sisa hasil panen guna menekan populasinya. Pemangkasan tajuk/kanopi juga perlu dilakukan supaya tidak terlalu rimbun, karena suasana yang telalu gelap menjadi potensi pengembang biakan hama.

Selain itu juga dapat dilakukan pemupukan yang berimbang dan mongondisikan area tanam supaya tidak membawa buah atau alat yang terserang hama.

2. Pengendalian Hama PBC

Cara Ampuh Mengatasi Hama Penggerek Buah Kakao
Cara Ampuh Mengatasi Hama Penggerek Buah Kakao

Secara kuartif pengendalian hama PBC dapat dilakukan dengan sanitasi lahan, dengan membersihkan kulit buah, ranting/daun kering, dan gulma. Pembungkusan buah supaya tidak terserang dan memusnahkan buah yang terserang dengan cara menguburnya.

Selain itu juga dapat dikendalikan dengan musuh alami, seperti Trichogrammatoidea bactrae fumata, rangrang, semut hitam, dan jamur entomopatogen.

Sedangkan pengendalian menggunakan bahan kimia dapat dilakukan menggunakan insektisida berbahan aktif organoklorin atau piretroid sintetik. Contoh insektisida piretroid sintetik seperti deltametrin, fipronil, lamda sihalotrin, betasiflutrin, alfa sipermetrin dan esfenvalerat.

Pengendalian secara kimiawi ini dilakukan ketika buah berukuran antara 8-12 cm kemudian dibungkus menggunakan kantong plastik.

Baca juga :

Demikian artikel tentang, Cara Ampuh Mengatasi Hama Penggerek Buah Kakao. Semoga dapat menjadi referensi bagi Anda yang sedang mencari informasi terkait hama tanaman kakao.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.