Cara Membuat Nasi Kuning Beserta Cara Menghiasnya

Cara Membuat Nasi Kuning Beserta Cara Menghiasnya

Sedulurtani.com Mungkin bagi Anda nasi kuning merupakan suatu makanan yang tidak asing lagi. Pasalnya nasi kuning sering kita jumpai pada acara ulang tahun, pernikahan, hajatan, dan lain-lain. Tahukah Anda bahwa nasi kuning dibuat bukan hanya sekedar sebagai makanan biasa saja, akan tetapi memiliki makna simbolis.

Dimana nasi berwarna kuning ini dianggap melambangkan emas sebagai simbol keberuntungan, kemakmuran, dan kekayaan. Oleh karena itu, maka tak heran apabila dalam berbagai acara yang temanya bahagia menggunakan konsumsi nasi kuning.

Cara Membuat Nasi Kuning
Cara Membuat Nasi Kuning

Nasi kuning tidak hanya berasal dari satu daerah saja, hal tersebut dikarenakan nasi kuning telah menyebar seantero nusantara. Akan tetapi secara umum orang-orang mengenal nasi kuning sebagai makanan khas jawa.

Nasi kuning dapat disajikan dengan bentuk yang beragam, seperti halnya menyerupai kue ulang tahun, kotak bertumpuk, bulat bertumpuk, love, dan juga yang paling sering yaitu tumpeng.

Semantara itu, bahan tambahan yang biasa melengkapi hidangan nasi kuning antara lain, kering tempe, telur dadar iris, perkedel, urap-urap, ayam kecap, sambal goreng dan kerupuk.

Meskipun terlihat ribet, pada dasarnya cara membuat nasi kuning cukuplah mudah. Oleh karena itu, pada pertemuan kali ini sedulurtani.com ingin berbagi informasi tentang cara membuat nasi kuning dan cara menghiasnya. Berikut ini adalah cara tahapan cara membuat nasi kuning supaya gurih :

Cara membuat nasi kuning

Bahan :

  1. Beras 1 kg
  2. Santan 900 ml
  3. Kelapa tua 1 buah
  4. Kunyit 5 cm
  5. Serai 2 batang
  6. Daun salam 4 lembar
  7. Jahe 5 cm
  8. Lengkuas 2 cm
  9. Bawang merah 5 buah
  10. Daun pandan 2 lembar
  11. Garam 4 sdt

Cara membuat :

  1. Beras dicuci hingga bersih kemudian rendam dengan air yang bersih.
  2. Haluskan bumbu, antara lain jahe, lengkuas, bawang merah, dan garam.
  3. Bumbu yang sudah dihaluskan kemudian masukan dalam santan dan aduk sampai rata.
  4. Masak santan hingga mendidih.
  5. Buang air yang digunakan untuk merendaman beras lalu tuang santan ke beras dengan disaring.
  6. Masukkan daun salam dan serai, baru kemudian rebus beras dengan api yang kecil. Selama beras direbus aduk terus hingga air menyusut dan beras hampir menjadi nasi.
  7. Kemudian sebelum beras matang ambil daun salam dan serai dari dalam beras.
  8. Siapkan panci untuk mengukus beras, untuk itu rebus airnya terlebih dahulu.
  9. Masukkan nasi ke dalam panci pengukus.
  10. Tambahkan daun pandan supaya lebih sedap.
  11. Kukus nasi sampai matang (tanak).
  12. Apabila Anda ingin membentuk nasi sebaiknya tunggu sampai nasi sudah tidak panas. Dinginkan nasi dengan suhu ruangan.
  13. Nasi siap untuk disajikan dan dicetak seperti tumpeng dengan dibentuk menggunakan tangan ataupun dicetak menggunkan cetakan.

Mungkin Anda sudah tahu cara membuat nasi kuning, namun rasanya kurang lengkap apabila Anda masih kebingungan dengan cara menghiasnya. Berikut ini Admin telah sajikan tahapan cara menghias nasi kuning :

Tahapan dan cara menghias nasi kuning :
  1. Gunakan tempeh dari bambu sebagai alas tumpeng. Alasi tempeh dengan daun pisang. Untuk bagian pinggir, buatlah segitiga menggunakan daun pisang..
  2. Tambahkan kacang panjang untuk menghiasi sekelilingnya.
  3. Taruh nasi kuning yang telah Anda bentuk di tengah-tengah tempeh.
  4. Selanjutnya, taruh lauk disekitar nasi dengan cara mengelilingi nasi.
  5. Membuat hiasan menyerupai bunga Cara yang satu ini cukup menguras konsentrasi Anda. Caranya yaitu dengan menguliti kulit tomat secara hati-hati dan melingkar, jangan sampai putus. Berikutnya bentuk kulit yang sudah dipotong tadi menyerupai bunga mawar. Taruh hiasan bunga mawar tersebut pada bagian yang menurut Anda akan mempercantik tampilan.
  6. Membuat hiasan seperti bunga aster. Untuk membuat hiasan ini Anda bisa menggunkan lombok merah ataupun kulit tomat. Caranya Iris lombok merah seperti membuat gurita.
  7. Selain itu, Anda juga dapat menggunkan imajinasi Anda untuk membuat hiasan guna mempercantik tampilan dari nasi kuning yang Anda buat.

Baca juga :

Demikian artikel tentang, cara membuat nasi kuning beserta cara menghiasnya. Semoga dapat menjadi referensi memasak bagi Anda dirumah.

Follow juga saya diFacebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.