Cara Membuat Bibit Karet Dengan Okulasi

Cara Membuat Bibit Karet Dengan Okulasi

Sedulurtani.com. Secara umum bibit karet yang biasa digunakan untuk budidaya, yaitu berasal dari bibit okulasi. Bibit untuk okulasi diperoleh dari bibit asal benih sebagai batang bawah.

Okulasi merupakan penempelan mata tunas dari tanaman batang atas dan batang bawah dimana keduanya memiliki sifat unggul.

Sementara itu, untuk pembenihan karet perlu dilakukan pengecambahan dan pembibitan terlebih dahulu. Langkah awal yaitu pemilihan benih yang baik dengan indikasi warna putih kekuningan hingga kuning kehijauan.

Pengecambahan dapat dilakukan pada tempat yang lembab seperti karung goni yang selalu basah dan ditaruh dibawah naungan pohon. Selain itu juga dapat dilakukan pada sebuah peti yang diberi tanah halus dan pada bagian permukaan ditaburi dengan pasir.

Sedangkan perut karet harus diposisikan dibawah  atau mengarah ke tanah agar akar dapat tumbuh dengan baik dan lurus.  Setelah benih berkecambah segera pindahkan pada area persemaian dengan hati-hati. Pemindahan benih dapat menggunakan bantuan bambu kecil dan usahakan supaya akar tombak tidak  patah atau bengkok.

Pada lahan persemaian usahakan pada tempat yang datar, supaya pertumbuhan tanaman menjadi baik. Selain pada lahan, persemaian juga dapat dilakukan pada polibag. Hal yang perlu diperhatikan dalam persemaian ini, bahwa media persemaian harus tanah yang banyak mengandung bahan organik dan subur serta permeabilitasnya baik.

Selanjutnya adalah teknik okulasi, dimana teknik mengokulasi tanaman karet terbagi menjadi dua cara, yaitu okulasi coklat dan okulasi hijau. Perbedaan ini terletak pada bakal batang bahawahnya. Untuk teknik okulasi coklat pada batang bawahnya telah berumur 9-18 bulan dari pembibitan dengan indikasi warna coklat.

Sedangkan untuk teknik okulasi hijau pada batang bawahnya telah berumur antara 5-8 bulan setelah pembibitan dan masih berwarna hijau.

Sementara itu, untuk batang atas teknik okulasi coklat menggunakan tanaman kebun entres yang berwarna hijau kecoklatan sampai coklat, batangnya lurus, dan bermata tunas dalam keadaan tidur.

Kemudian untuk batang atas teknik okulasi hijau harus menggunakan kayu entres yang telah berumur 1-3 bulan setelah pemangkasan.

Batang yang akan digunakan masih berwarna hijau atau telah terdapat 1-2 payung daun dan pengokulasian sebaiknya dilakukan pada pagi hari pukul 07.00-10.30 dimusim hujan yang tidak lebat.

Cara Membuat Bibit Karet Dengan Okulasi
Cara Membuat Bibit Karet Dengan Okulasi
Berikut ini adalah cara membuat bibit karet dengan okulasi  :

Cara okulasi tanaman karet dimulai dari membersihkan batang bawah dari kotaran dengan menggunakan kain lap yang bersih. Setelah batang bawah bersih lalu iris secara vertikal dengan panjang irisan antara 5-7 cm dan lebar irisan antara 1-3 cm.

Kemudian buatlah potongan melintang diatas irisan vertikal tersebut dan dibuat bukaan sedikit diujungya untuk bukaan atas, sedangkan untuk potongan bawah  irisan  dibuka sedikit pada ujung bawah.

Sementara itu, untuk pembuatan perisai okulasi diambil dari mata terbaik dari calon perisai okulasi, yaitu terdapat pada bagian bekas ketiak daun. Perisai mata okulasi tersebut diambil dari kayu entres dengan ukuran panjang 5-7cm dan lebar 1-2 cm.

Untuk bukaan jendela okulasi dari tas maka posisi mata pada kayu entres menghadap ke atas, sedangkan untuk bukaan dari bawah, posisi mata pada kayu entres menghadap ke bawah. Penyayatan perisa mata okulasi harus mengikutsertakan sedikit dari bagian kayu.

Lepaskan kulit tersebut dari kayu dengan hati-hati dan pastikan kayu tidak terpegang atau terkena kotoran, serta jangan sampai memar.

Setelah jendela okulasi dan perisai okulasi telah siap, maka secepatnya jendela okulasi dibuka dan dan perisai dimasukan dengan hati-hati. Usahakan supaya perisai okulasi tidak gerak, supaya tidak merusak mata.

Selanjutnya tutup atau balut jendela okulasi menggunakan pita plastik okulasi secara rapat. Balutan pita okulasi dapat dilepas setelah 2-3 minggu dari awal okulasi untuk memastikan berhasil atau tidaknya okulasi.

Baca juga :

Demikian artikel tentang,  Membuat Bibit Karet Dengan Okulasi. Semoga dapat menjadi referensi bagi Anda yang sedang mencari informasi terkait tanaman karet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.