Cara Membuat Benih Cabai Dengan Tepat

Cara Membuat Benih Cabai Dengan Tepat

Sedulurtani.com Cara membuat benih cabai dengan tepat dapat anda lakukan sendiri dirumah tanpa harus membelinya. Bagi Anda yang ingin membuat benih cabai rawit, cabai merah dan lain-lain maka dapat anda simak artikel ini.

Banyak dari kalangan ibu rumah tangga yang ingin menanam cabai dirumah, sehingga dapat mengurangi pengeluaran untuk belanja. Baca juga : Klasifikasi dan morfologi lengkap tanaman cabai (Capsicum annum L.)

Pasalnya, harga cabai yang terbilang cukup tinggi ini membuat masyarakat lebih mandiri dengan cara menanam cabai pada pot-pot yang diletakkan dipekarangan rumah.

Cara Membuat Benih Cabai Dengan Tepat

Cara Membuat Benih Cabai Dengan Tepat
Benih Cabai 

Bagi Anda yang ingin menanam cabai dirumah tentu saja tidak membutuhkan benih dalam jumlah banyak.

Maka tak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli benih yang jumlahnya banyak dan tidak akan terpakai semua.

Oleh karena itu, pada pertemuan kali ini Admin ingin berbagi informasi terkait, Cara Membuat Benih Cabai Dengan Tepat.

Pertama yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan benih yang baik, yaitu pastikan keseragaman jenis tanaman cabai yang akan digunakan sebagai benih.

Hal tersebut dapat Anda lakukan dengan cara mengamati bentuk buah, batang, daun, bunga, dan juga keseluruhan dari tanaman.

Benih cabai yang akan digunakan sebagai bibit harus diambil dari tanaman yang sehat dan tumbuh dengan baik, yaitu tinggi dan tidak keriting ataupun layu.

Selain itu, pastikan tanaman tidak terserang oleh hama maupun penyakit. Karena buah cabai yang terserang hama maupun penyakit dapat membawa virus yang akan membuat benih menjadi tidak bermutu.

Untuk umur tanaman yang akan diambil buahnya sebagai benih, sebaiknya jangan gunakan buah cabai dari tanaman yang masih muda.

Tanaman cabai untuk bibit idealnya telah berumur 7-8 bulan karena akan dapat menghasilkan buah yang maksimal.

Selain itu, Anda harus memilih tanaman yang memililiki buah lebat supaya tanaman yang diturunkan akan memiliki sifat dominan lebat seperti induknya.

Dan yang terakhir pillih buah cabai yang sudah tua dengan ciri-ciri kulit luarnya telah berwarna merah mengkilap.

Setelah Anda mengetahui kriteria dari cabai yang baik untuk benih, maka selanjutnya yaitu cara membuat benih cabai dengan benar.

Berikut ini adalah teknikmembuat benih cabai dengan benar :

Cara Membuat Benih Cabai Dengan Tepat

  1. Sayat buah cabai dengan hati-hati supaya tidak merusak benih yang akan digunakan.
  2. Ambil dan kumpulkan biji yang telah Anda sayat kemudian cuci bersih dari kotoran maupun daging yang menempel pada biji.
  3. Rendam biji-biji yang telah anda cuci pada air bersih dan biarkan selama beberapa saat. Tambahkan 1 buah bawang putih yang telah dihancurkan kedalam air. Kemudian ambil dan gunakan biji yang tenggelam, serta buang biji yang terapung. Biji yang terapung memiliki persentase tumbuh yang rendah, sehingga tidak baik apabila digunakan untuk calon benih.
  4. Langkah terahir, yaitu lakukan penjemuran biji-biji cabai yang telah Anda seleksi dibawah sinar matahari. Keringkan dengan cara diangin-anginkan. Pada proses pengeringan dapat anda lakukan menggunakan nampan. Setelah biji benar-benar kering, maka biji telah jadi benih dan siap untuk digunakan.

Baca juga :

Demikian artikel tentang, Cara Membuat Benih Cabai Dengan Tepat. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

Follow juga Facebook saya diFacebook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.