Cara Ampuh Mengatasi Kepik Penghisap Buah Kakao

Cara Ampuh Mengatasi Kepik Penghisap Buah Kakao

Sedulurtani.com. Dalam melakukan budidaya tanaman kakao sering kali kita mendapati adanya serangan hama yang dapat menyebabkan kerugian.

Salah satu hama utama tanaman kakao yaitu kepik penghisap buah atau disebut dengan nama latin Helopelthis sp. Jenis hama ini biasa menyerang pada bagian buah dan tunas muda. Baca juga : Klasifikasi Tanaman Coklat (Kakao) Beserta Morfologinya Secara Lengkap

Taksonomi :

KingdomAnimalia
PhillumArthropoda
KelasInsekta
OrdoHemiptera
FamiliMiridae
GenusHelopeltis
SpesiesHelopeltis antonii

Serangan pada bagian tunas muda mengakibatkan daun-daun muda menjadi melengkung, kecil, dan berubah warna menjadi kehitaman. Sedangkan pada bagian buah hama ini lebih suka menyerang buah yang masih muda dan mendekati matang.

Serangan pada buah ditunjukan terdapat bintik-bintik berwarna hitam dengan ukuran sekitar 2 mm yang disebabkan oleh bekas tusukan stylet nimfa dan imago.

Serangan secara berat ditunjukan pada buah tersebut dipenuhi dengan bekas tusukan hitam dan kering. Selain itu, buah tersebut tampak kering,  retak-retak, kecil, dan mudah rontok. Untuk mengatasi serangan kepik penghisap buah kakao perlu dilakukan pengendalian hama secara tepat.

Dimana pada pertemuan kali ini Sedulurtani.com. ingin berbagi informasi tentang, cara ampuh mengatasi kepik penghisap buah kakao.

Dengan ini diharapkan akan dapat mengendalikan hama tersebut, sehingga dapat mengantisipasi kerugian yang disebabkan oleh hama yang berkaitan.

Mengatasi Kepik Penghisap Buah Kakao
Mengatasi Kepik Penghisap Buah Kakao
Berikut ini adalah teknik pengendalian untuk mengatasi kepik penghisap buah kakao :
1. Pencegahan Kepik Penghisap Buah Kakao

Pencegahan dapat dilakukan dengan memberian pupuk secara berimbang. Dimana tanaman kakao yang defisiensi terhadap unsur P dan K akan mudah terserang hama ini. Sebaliknya jika tanaman kelebihan unsur N juga membuat jaringan tanaman menjadi lunak dan mudah terserang.

Perlu dilakukan sanitasi lahan dari tanaman inang, seperti kapok, rambutan, dadap, maupun gulma. Selain itu juga perlu dilakukan pemangkasan pohon pelindung supaya tidak terlalu lembab dan juga lebat.

2. Pengendalian Kepik Penghisap Buah Kakao

Pengendalian dapat dilakukan dengan cara pemetikan tunas air (wiwilan) setiap dua minggu sekali. Hal tersebut dikarenakan pada bagian ini sering digunakan peletakan telur hama ini, selain itu juga dapat menganggu pertumbuhan tanaman.

Pengendalian secara bilogis dapat menggunakan musuh alami, yaitu semut hitam (Dolichoderus thoracicus).

Sementara itu, pengendalian secara kimia yang didahului dengan pengamatan secara cermat akan meningkatkan efektifitas dan efisiensi penggunaan insektisida.

Pengendalian yang efektif dan efisien sampai saat ini dengan insektisida pada areal yang terbatas yaitu bila serangan helopeltis kurang dari 15 %. Sedangkan apabila serangan lebih dari 15% maka perlu dilakukan penyemprotan secara menyeluruh.

Baca juga :

Demikian artikel tentang, Cara Mengatasi Kepik Penghisap Buah Kakao. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Follow juga Facebook saya di Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.