Berbagai Manfaat Utama Coklat Untuk Kesehatan

Berbagai Manfaat Utama Coklat Untuk Kesehatan

Sedulurtani.com. Coklat merupakan makanan yang banyak digemari mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Pasalnya coklat memiliki rasa manis yang khas, sehingga membuat orang yang memakanya akan katagihan.

Baca juga : Klasifikasi Tanaman Coklat (Kakao) Beserta Morfologinya Secara Lengkap

Selain itu, coklat biasa dijadikan sebagai hadiah untuk simbol kasih sayang, maka tak heran apabila banyak orang memberikan coklat pada mereka yang dicintai.

Tahukan Anda bahwa selain rasa manisnya yang khas, coklat memiliki berbagai manfaat utama untuk kesehatan. Untuk itu, pada pertemuan kali ini Sedulurtani.com ingin berbagi informasi tentang manfaat coklat bagi kesehatan.

Berikut ini adalah berbagai manfaat utama coklat untuk kesehatan tubuh :
Berbagai Manfaat Utama Coklat Untuk Kesehatan
Berbagai Manfaat Utama Coklat Untuk Kesehatan
1. Menyehatkan Jantung

Coklat berasal dari bahan utama biji kakao, dimana biji tersebut memiliki kandungan flavonoid yang cukup tinggi. Kandungan flavonoid pada coklat berfungsi unutk mengaktifkan gen pada sel yang berfungsi dalam memproduksi nitrit oksida.

Nitrit oksida tersebut berfungsi untuk membuka atau melebarkan pembuluh darah, sehingga aliran darah menjadi lancar dan tekanan darah pun menurun. Turunya tekanan darah dalam tubuh tersebut akan dapat melindungi tubuh dari serangan jantung dan juga stroke.

Salah satu pakar dari Universitas Harvard mengungkapkan bahwa mengonsumsi cokelat dalam jumlah sedang akan mampu untuk mengurangi risiko atrial fibrillation.

Dimana resiko tersebut adalah kondisi detak jantung yang tidak teratur yang dapat meningkatkan resiko stroke, gagal jantung, dan komplikasi jantung lainya.

2. Meningkatkan Kemampuan Otak

Jika Anda mengalami sering lupa, dan lemah dalam berfikir, maka cobalah untuk mengkonsumsi coklat. Dimana coklat berasal dari kakao yang memiliki kandungan flavonoid yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuan otak.

Bebrapa penelitian menunjukan bahwa dark chocolate dapat meningkatkan fungsi kongnitif pada orang tua yang telah mengalami penurunan kognitif.

Selain itu, beberapa penilitian lainya juga menyebutkan bahwa konsumsi coklat yang tinggi kandungan flavonoid dapat meningkatkan aliran darah ke otak menjadi lebih lancar.

3. Sebagai Antioksidan

Coklat memiliki berbagai kandungan, seperti antioksidan polifenol, flavonol, dan katekin yang memiliki fungsi sebagai penangkal radikal bebas.

Dimana radikal bebas dapat disebabkan oleh radiasi sinar matahari, radiasi ozon, asap kendaraan, asap rokok, bahan kimia industri dan makanan dan minuman yang kita konsumsi.

Radikal bebas ini dapat menimbulkan berbagai penyakit serius, seperti penyakit kanker, jantung, hipertensi, stroke, radang sendai dan lain sebagainya. Oleh karena itu, sering mengkonsumsi coklat akan dapat menjadi antioksidan bagi tubuh kita.

4. Mencegah Penyakit Diabetes

Sering mengkonsumsi coklat ternyata dapat untuk mencegah terjadinya diabetes. Diabetes  disebabkan oleh kelainan reaksi kimia dalam hal penggunaan yang tepat dari karbohidrat, lemak, dan protein dari makanan karena kekurangan pengeluaran atau kekurangan insulin.

Padahal salah satu hal yang paling dibutuhkan tubuh untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil dan terhindar dari diabetes adalah sensitivitas insulin.

Salah satu peranan coklat untuk mencegah diabetes, yaitu dapat meningkatkan respon sensitiv insulin dan meningkatkan kadar nitrit dioksida dalam tubuh.

5. Meredakan Diare

Manfaat coklat yang terakhir, yaitu dapat untuk meredakan penyakit diare. Dimana hal ini juga didukung oleh beberpa penelitian yang terkait.

Oleh karena itu, maka tak ada salahnya apabila Anda sedang terkena diare mencoba untuk mengkonsumsi coklat.

Baca juga :

Demikian artikel tentang, Berbagai Manfaat Utama Coklat Untuk Kesehatan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.