7 Manfaat Luar Biasa Bunga Mawar ( Kesehatan )

7 Manfaat Luar Biasa Bunga Mawar ( Kesehatan )

Sedulurtani.com. Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan tanaman mawar. Dimana mawar merupakan salah satu tanaman hias yang cukup populer dan banyak digemari oleh pecinta tanaman hias.

Silahkan baca : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Mawar

Bunga yang indah ini diperkirakan berasal dari Cina, Timur Tengah, dan Eropa Timur. Kemudian seiring berjalanya waktu perkembangan tanaman cantik ini menyebar hingga ke Indonesia.

Mengetahui banyaknya pengemar dari bunga mawar, membuat tanaman ini menjadi suatu peluang usaha dalam budidaya yang memiliki prospek yang baik.
Silahkan baca : Syarat Tumbuh Tanaman Mawar
Selain itu, tanaman ini juga memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan dan juga kesehatan.
manfaat mawar
Manfaat mawar
Berikut ini sedulurtani.com sajikan berbagai manfaat utama dari bunga indah tersebut :

7 Manfaat Luar Biasa Bunga Mawar ( Kesehatan )

1. Menyembuhkan Jerawat

Manfaat bunga mawar dapat Anda rasakan untuk menghilangkan jerawar pada wajah. Dimana kelopak mawar mengandung sifat antibakteri yang membantu untuk mengeringkan jerawat. Bunga mawar mengandung etanol fenil, senyawa antiseptik, yang dapat membuat air mawar efektif dalam mengatasi jerawat.

Cara mengatasi jerawat menggunakan mawar, yaitu merendam beberapa biji fenugreek atau klabet (obat herbal berasal dari Nepal, India, Pakistan, dan sekitarnya, yang bisa menjadi bahan masakan dan dimanfaatkan untuk kesehatan) dalam air bersih selama 1 malam.

Selanjutnya, bentuk klabet menjadi pasta dan campur dengan air mawar. Setelah itu, oleskan pada wajah yang berjerawat dan diamkan selama 20 menit, lalu bilas menggunakan air mawar dingin.

2. Antiseptik

Manfaat bunga mawar sebagai antiseptik dapat digunakan untuk membersihkan luka.

Dimana mawar dipercaya mampu untuk membantu mengurangi pendarahan pada bagian yang terluka. Selain itu, bunga yang satu ini memiliki kemampuan antibakteri sehingga dapat mencegah infeksi yang dapat terjadi jika luka tidak segera dibersihkan.

3. Antioksidan

Bunga yang indah ini mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dan berguna sebagai antioksidan.

Salah satu kandungan dari bunga mawar yang berfungsi sebagai antioksidan adalah vitamun E dan C.

Kandungan antioksidan dari bunga mawar ini paling banyak digunakan dalam kecantikan. Oleh karena itu, sering kali didapatkan berbagai jenis kosmetik yang memiliki kandungan dari bunga mawar.

Antioksidan yang terkandung dalam bunga mawar berguna untuk menangkal radikal bebas, sehingga akan mencegah terjadinya penuaan dini.

4. Melancarkan menstruasi

Melancarakan menstruasi merupakan salah satu manfaat utama dari tanaman bunga mawar.

Bunga yang indah ini dipercaya dapat merangsang sekresi hormon yang memicu menstruasi.

Selain itu, bunga mawar juga mampu untuk meredakan kram, mual, dan kelelahan yang dapat terjadi ketika menstruasi dan akibat sindrom pasca-menopause.

5. Menyehatkan sistem pencernaan

Manfaat bunga mawar untuk sistem pencernaan, antara lain dapat memperkuat pencernaan, memelihara mukosa lambung, dan membantu membuang limbah pencernaan.

Selain itu, bunga mawar dapat dijadikan sebagai obat pencahar alami sehingga dapat mengatasi masalah sembelit.

6. Melembapkan kulit

Setiap orang pasti menginginkan kulit yang lembab, dimana hal ini merupakan salah satu kunci dari kulit yang sehat. Cara melembabkan kulit secara alami dapat Anda lakukan dengan menggunakan bunga mawar. Kandungan minyak alami dari kelopak bunga mawar ini bisa digunakan sebagai pelembab yang baik dan sehat untuk kulit wajah maupun tubuh. Oleh karena itu, jangan ragu mencoba memanfaatkan bunga ini untuk kecantikan kulit Anda.

7. Mengurangi Stres

Mungkin banyak orang yang tidak menyangka bahwa kelopak mawar mampu untuk mengurangi stres, seperti halnya gelisah atau insomnia. Menurut sebuah studi yang dilakukan Department of Physiology and Pathology/LTF, University of Paraíba-Caixa, Brasil, esensial mawar bisa memberikan efek penenang ketika dihirup.

Bagi Anda yang sering gelisa karena kelelahan dan lain sebaginya, maka tidak ada salahnya mencoba untuk memanfaatkan bunga mawar sebagai obat untuk menenangkan pikiran.

Caranya, yaitu dengan mandi air panas yang ditaburi kelopak mawar. Air panas tersebut akan melepaskan aroma mawar dan menyebar dalam ruang kamar mandi. Dengan demikian Anda dapat santai dan rileks untuk menghilangkan stres.

Baca juga :

Demikian artikel tentang, manfaaat luar biasa bunga mawar untuk kesehatan. Terima kasih telah berkunjung diwebsite Sedulurtani.com. dan semoga bermanfaat.

Follow Facebook sedulurtani.com, untuk mendapatkan informasi terbaru terkait pertanian dan pendidikan dengan cara Klik disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.